Home » » Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Cara menghemat baterai android - Smartphone android semakin hari semakin banyak diminati pengguna ponsel di hampir seluruh belahan dunia. Sistem ini kini didukung oleh beragam produsen yang memanfaatkan momentum naiknya pamor android.

cara menghemat baterai android

Android banyak digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang seperti chatting, game, download, streaming dan beragam aktivitas menarik lainnya. Banyak dari aplikasi yang sering digunakan tersebut selalu terhubung dengan jaringan internet, sehingga kita sering mengalami kehabisan daya baterai pada perangkat kita. Mungkin juga kita sesekali melihat ke indikator baterai dan tiba-tiba kondisi sudah low batt, padahal kita merasa tidak terlalu aktif memainkan perangkat tersebut. Apakah hal ini juga anda alami? Berikut ini wawasanonline.com siapkan cara menghemat baterai android untuk anda.

1. Alihkan koneksi
Sinyal 3G yang tidak stabil akan membuat perangkat yang kita gunakan terus bekerja untuk mendapatkan sinyal terbaik. Akibatnya sudah bisa ditebak, "tenaga" dari perangkat tersebut akan cepat terkuras. Ada baiknya, jika memungkinkan menggunakan jaringan hotspot, lebih baik aktifkan wifi dan hubungkan ke hotspot tersebut. Sinyal wifi tentunya lebih stabil bila dibandingkan dengan sinyal dari operator seluler. Lagi pula, kebanyakan sinyal wifi jauh lebih cepat.

2. Matikan WiFi & Bluetooth saat tidak digunakan
Hal inilah yang sering dilupakan oleh banyak pengguna handphone. Terkadang setelah kita menggunakan jaringan wifi atau bertukar data dengan bluetooth, kita tinggalkan begitu saja tanpa mematikan. Saat wifi dan bluetooth hidup, perangkat akan terus mencari koneksi hotspot dan perang kat bluetooth lainnya. Jadi, pastikan untuk mematikan dua koneksi ini di saat sedang tidak diperlukan.

3. Matikan GPS
GPS digunakan untuk mencari jalan atau arah ke suatu tempat. Pemakaian GPS tidaklah terlalu sering. Ada baiknya mematikan fasilitas GPS ini untuk menghemat daya tahan baterai anda.

4. Matikan fitur Sync
Fitur Sync berguna untuk mendapatkan notifikasi email, facebook, dan beragam aplikasi lainnya secara live. Jika anda tidak terlalu memerlukannya, lebih baik dimatikan untuk menghemat baterai. Jangan khawatir, Anda tetep bisa melihat update terbaru dengan masuk ke aplikasi yang Anda ingin lihat updatenya.

5. Minimalkan brightness
Semakin lebar layar smartphone, semakin besar pula daya yang diperlukan untuk menghidupkannya. Mengurangi brightness layar bisa menghemat daya tahan baterai anda.

6. Kurangi volume & matikan getar
Untuk point yang satu ini mungkin sangat umum digunakan pada semua ponsel, hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada hp dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

8. Gunakan aplikasi penghemat baterai
Aplikasi penghemat baterai dipercaya bisa menghemat baterai perangkat android anda. Cara kerja aplikasi ini pada dasarnya adalah mematikan koneksi internet di saat tidak dibutuhkan, dan mengaktifkan koneksi setiap beberapa saat untuk memperoleh live update dari aplikasi2 yang sedang berjalan seperti chatting, social media dan sebagainya. Hal ini akan sangat berpengaruh, karena frekuensi perangkat android terhubung dengan internet akan lebih teratur. Saya sendiri menggunakan aplikasi 2X Battery dan sudah merasakan perbedaannya. Sekian tips cara menghemat baterai android dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar:

  1. Top info gan saya pake aplikasi yang mudah untuk digunakan penghemat battery
    link download :
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.digitalzone.batterysaver

    Tips Dalam aplikasi :
    1. Saving Mode: (Direkomendasikan untuk digunakan dalam status baterai rendah)
    2. Sleep Mode: (Direkomendasikan untuk digunakan ketika Anda tidur)
    3. Customized mode ( (yang dapat Anda menyesuaikan pengaturan hemat baterai bebas tergantung pada kebutuhan Anda dan penggunaan)

    BalasHapus