Home » » Memilih Antivirus Terbaik Untuk PC Anda

Memilih Antivirus Terbaik Untuk PC Anda

tips memilih antivirus terbaik untuk PCMemilih antivirus terbaik untuk komputer bisa menjadi sebuah hal yang cukup sulit. Ada berbagai hal yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih satu antivirus yang akan anda install di PC anda. Beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu anda untuk mendapatkan antivirus yang pas untuk anda.

Apa saja kegiatan anda?
Pertanyaa pertama ini bisa anda jawab sendiri. Mungkin komputer anda terkoneksi dengan internet, sehingga anda membutuhkan pelindung online, Sebaliknya jika komputer anda hanya bekerja secara offline, anda bisa memakai antivirus standar untuk melindungi komputer anda.

Antivirus standar dan antivirus untuk internet, apa bedanya?
Mudah saja. Antivirus standar biasana hanya akan mencantumkan mereknya saja dan disertai kata 'antivirus'. Sedangkan antivirus untuk internet biasanya ditambah dengan kata 'internet'.

Contoh antivirus standar dan versi internetnya
AVG - AVG Internet Security
Kaspersky Antivirus (KAV) - Kaspersky Internet Security (KIS)
Avira - Avira Internet Security
Norton Antivirus - Norton Internet Security


Selain ciri tersebut ada juga antivirus yang menggunakan kata "smart" atau "total" untuk versi internetnya. Misalnya adalah ESET Smart Security dan Bit Defender Total Security.

Jika Anda masih ragu apakah antivirus tersebut adalah versi standar atau untuk internet, tanyakan saja pada penjualnya. Namun ingat, tidak semua penjual tahu bedanya. Saya sendiri pernah tertipu. Ketika ditanya, si penjual menyebutkan versi internet security, setelah dibuka ternyata versi antivirus standar.

Bagaimana spesifikasi komputer anda?
Perhatikan spesifikasi komputer Anda. Apakah komputer Anda memenuhi system requirements antivirus tersebut?

Jika Anda memiliki komputer keluaran lama, jangan memilih antivirus terbaru. Komputer Anda bisa saja tidak sanggup menjalankan antivirus tersebut. Bila sanggup pun, komputer akan bekerja sangat berat. Dari pengalaman saya, antivirus terbaru masih dapat dijalankan dengan lancar pada komputer/ laptop yang diproduksi maksimal 4 tahun yang lalu.

Gratis atau berbayar?
Antivirus gratis biasanya sudah cukup untuk pemakaian komputer standar, tidak terhubung dengan internet, dan tidak terlalu sering memasukkan flashdisk atau removable storage lainnya (misal: memory card, hard disk eksternal, dll).

Namun apabila Anda pengguna komputer yang aktif, semua pekerjaan Anda menggunakan komputer, menyimpan file-file penting, sering online, maka sebaiknya Anda menggunakan antivirus berbayar. Antivirus berbayar menawarkan perlindungan yang lebih baik daripada versi gratisnya.

Pada artikel berikutnya saya akan membahas tentang perbandingan antivirus gratis dan berbayar.

Fitur tambahan lain yang diperlukan
Apakah Anda memerlukan fitur tambahan dari sebuah antivirus? Misalnya password manager? Gaming mode? Parental control? Pilihlah antivirus dengan fitur-fitur yang Anda perlukan. Jangan serakah ingin antivirus dengan banyak fitur tambahan. Antivirus dengan banyak fitur tambahan biasanya berat untuk dijalankan, dan akibatnya komputer jadi lambat.

Review
Setelah memilih antivirus yang ingin digunakan, baca dulu review tentang antivirus tersebut. Apakah merek tersebut sering kebobolan virus atau tidak? Bagaimana performa nya? Bacalah berbagai review. Bila perlu, tanyakan juga pada teman Anda yang pernah menggunakannya.

Ini penting agar Anda tidak menyesal memilih antivirus tersebut, apalagi jika Anda hendak menggunakan antivirus berbayar.

Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa diambil dari poin-poin di atas adalah, antivirus terbaik adalah antivirus yang sesuai dengan kebutuhan. Jika berlebihan akan memberatkan komputer. Namun jika terlalu sederhana juga akan membahayakan komputer. Bagaimana menurut Anda? Semoga tips sederhana ini bisa membantu anda

0 komentar:

Posting Komentar