Home » » Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

manfaat donor darah bagi kesehatanDonor darah adalah memberikan darah kita ke Bank darah untuk selanjutnya diberikan kepada orang yang membutuhkan darah. Sebenarnya ada atau tidak manfaat dari donor darah tersebut? Tentunya ada bagi orang yang membutuhkan darah. Akan tetapi bagi orang yang memberikan darah? Apa saja manfaatnya? Simak pembahasan di artikel ini untuk mengetahui apa saja manfaat donor darah.

Manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh resipien, namun juga bermanfaat bagi si pendonor. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manusia cenderung mengkonsumsi zat besi melebihi kebutuhan tubuh mereka. Jika terlalu banyak zat besi di dalam tubuh, akan mendorong timbulnya radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan perubahan fungsi sel dan meningkatkan resiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Lebih besar lagi resiko yang ditimbulkan pada orang yang suka makan daging, karena kandungan zat besi pada daging sangatlah tinggi.

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan:

Mengurangi resiko penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar zat besi di dalam tubuh, akan memicu timbulnya penyakit jantung. Zat besi terlibat di dalam proses pembakaran kolesterol, dan ini bisa menggangu fungsi pembuluh arteri. Melakukan donor darah akan mengurangi akumulasi zat besi dalam tubuh. Ini secara tidak langsung akan membuat tubuh anda lebih sehat dan bugar. Jika anda rutin melakukannya, donor darah bisa mengurangi resiko panyakit jantung hingga 30%.

Meningkatkan produksi sell darah merah
Melalui proses donor darah, sel darah merah akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk mengganti sel darah merah yang telah dikeluarkan tersebut, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru. Ini membuat darah di dalam tubuh anda lebih segar, dan anda akan merasa lebih bugar. Lakukan proses ini hingga beberapa kali dan rasakan manfaatnya.

Melawan hemochromatosis
hemochromatosis adalah penyakit genetis, merupakan kondisi di mana zat besi dalam tubuh berada dalam level sanagt tinggi akibat metabolisme yang tidak wajar. Kelebihan zat besi sedikit saja bisa mempengaruhi fungsi tubuh, apalagi kelebihan dalam jumlah sangat besar. Ini bisa menimbulkan kerusakan fatal pada organ-organ tubuh. Kondisi ini memang jarang terjadi pada, namun penderita bisa mengurangi dampak dari penyakit ini dengan rutin melakukan donor darah. Walaupun penyakit ini berbahaya pagi penderita, namun tidak bagi penerima darahnya.

Membakar kalori dalam tubuh
Donor darah bisa menjadi media untuk menurunkan berat badan. Tahukah anda bahwa dengan mendonorkan 450ml darah kita, bisa membakar hingga 650 kalori dalam tubuh?

Sebelum anda mendonorkan darah, sebaiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan anda. Selain itu ada beberapa syarat lain yang perlu anda penuhi seperti usia di atas 17 tahun, berat badan di atas 45 kilogram, denyut nadi stabil (sekitar 50 – 100 kali/ menit). Dan ingat, jangan terlalu sering melakukan donor darah karena bisa berpengaruh pada kondisi tubuh anda. Setelah mengetahui manfaat donor darah bagi kesehatan, kini saatnya anda untuk mencobanya.

0 komentar:

Posting Komentar