Home » » Apa Sajakah Manfaat Berkedip Pada Mata?

Apa Sajakah Manfaat Berkedip Pada Mata?

fungsi mata berkedipMata adalah sebuah indera penglihatan, sehingga mempunyai fungsi yang cukup vital untuk tubuh kita. Tanpa kita sadari, indera penglihatan ini sering berkedip, tanpa kita pernah ketahui apa fungsinya. Sering kita mengabaikan aktivitas berkedip ini, padahal berkedip pada mata merupakan sebuah "kegiatan" yang sangat penting untuk mempertahankan fungsi dari mata tersebut.

Apakah anda pernah menghitung berapa kali anda berkedip dalam sehari? ratusan atau ribuan kali? Ada beberapa orang yang frekuensi berkedipnya cepat, ada pula yang lambat. Jika Anda mengetahui manfaat berkedip yang sebenarnya, maka Anda akan menyadari betapa besar nikmat yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia hanya dari satu aktivitas sederhana, yaitu berkedip.

Berdasarkan sebuah riset, mata manusia bisa berkedip sebanyak 15.000 kali dalam sehari. Jumlah itu adalah perkiraan jumlah untuk orang berusia dewasa dan memiliki kesehatan mata yang normal. Itu adalah jumlah yang pasti tidak anda sadari sebagai cara mata untuk menjaga fungsi kerja mata. Pada berbagai kondisi, jumlah kedipan setiap orang berbeda-beda. Faktor usia merupakan faktor utama yang memengaruhi jumlah kedipan yang dilakukan oleh seseorang. Bayi masih memiliki selaput lendir mata yang banyak sehingga tingkat frekuensi kedipannya relatif lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berusia lanjut yang memiliki sedikit selaput lendir pada matanya. Beberapa faktor pemicu psikologis lainnya juga mempengaruhi jumlah kedipan, misalnya orang yang sedang marah, emosi, gugup, malu, atau melihat sesuatu yang menarik hati, jumlah kedipan mata yang dilakukan akan bermacam-macam.

Berkedip mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Dengan berkedip, mata akan terjaga kelembabannya, karena saat berkedip air mata akan membasahi permukaan bola mata, terutama pada bagian kornea. Bagian kornea pada mata akan mudah mengalami iritasi apabila dibiarkan pada kondisi kering.

2. Berkedip sebagai bentuk refleks untuk mencegah masuknya berbagai bentuk benda asing ke dalam mata. Berbagai kotoran, debu, atau mungkin binatang kecil yang masuk ke mata Anda akan dengan mudah tedeteksi dengan terjadinya kedipan mata. Keberadaan bulu mata juga akan membantu proses berkedip, orang yang memiliki bulu mata sedikit atau pendek cenderung akan lebih mudah terkontaminasi oleh kotoran atau debu. Bulu mata yang panjang biasanya akan lebih membantu melindungi mata.

3. Berkedip merupakan bentuk respon atas berbagai peristiwa yang terjadi. Kedipan mata merupakan salah satu bagian dari bahasa tubuh yang memiliki banyak arti. Kedipan mata yang terlalu banyak bisa memiliki arti bahwa seseorang sedang menyimpan kebohongan, grogi, dan sebagainya. Orang-orang seperti ini biasanya akan melakukan kedipan mata dengan jumlah kedipan yang lebih banyak.

4. Manfaat berkedip yang lain adalah untuk menambah nilai estetika wajah dan penampilan Anda. Bayangkan apa jadinya jika mata Anda tidak berkedip, maka bisa jadi Anda adalah sosok tanpa ekspresi yang mengerikan.

Beberapa manfaat kedipan mata di atas tentunya akan membuat Anda semakin menyadari bagaimana pentingnya menjaga kesehatan mata yang dapat ditempuh dengan mengkonsumsi sumber-sumber vitamin yang mendukung, serta tidak melakukan berbagai kegiatan yang memicu kerusakan pada mata.

0 komentar:

Posting Komentar